08 November 2008

Obamania!

Tiba-tiba saja dunia seperti terkena sihir Obama. Heran, mengapa orang satu ini begitu menyedot perhatian ya? Bahkan sejak pengumuman pencalonan dirinya sebagai capres AS beberapa bulan lalu. Namun, 'ala kulli hal, kita bisa belajar dari "anak Menteng" ini tentang makna sebuah efisiensi dalam profesionalisme manajemen yang elegan.
Lihatlah bagaimana dia mengelola kampanye-kampanyenya. Mulai dari pendistribusian tanggung jawab dengan mengangkat beberapa orang kepercayaannya (yang profesional tentunya) untuk menangani pekerjaan tertentu sampai pengelolaan isu yang menerpanya. Berikut crew (tim sukses) kampanye Obama:

-- Creative director: bertanggung jawab atas rencana kreatifitas di panggung, termasuk menyiapkan tim kreatif atau relawan yang mengeksekusinya di lapangan.
-- Stage manager: bertanggung jawab atas semua acara di panggung.
-- Ghost writer: bertanggung jawab rancangan pidato kandidat, termasuk di dalamnya merancang statement-statement, fakta-fakta manarik, yang layak kutip oleh media.
-- Spin doctor: bertanggung jawab atas pengendalian isu media, mana angle berita yang menarik, gambar yang menarik, mengamati isu dari pesaing, dan menjalin hubungan erat dengan newsroom dalam pemunculan berita.
-- Media relations officers: petugas yang berhubungan langsung dengan wartawan di lapangan.

Nah, barangkali bro & sis nyaleg pada saat ini, atau paling tidak tim suksesnya, bisa mengambil 'ibroh dari yang mas Obama lakukan dalam manajemen kampanyenya. Insya Allah, lain waktu ane posting sepenggal episode kampanye beliau. Ila liqo...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mampir...