07 Desember 2013

@Hotel Wisata Desa TMII #Training SEFT Hari Pertama

Sekitar pukul 06.30 sampai juga akhirnya di lokasi, Hotel Wisata Desa TMII. Sebelumnya sempat muter-muter keluar masuk tol mencari lokasi ini. Maklumlah, diantara kami berenam (tambahan 2 penumpang di Cirebon: Madya dan istrinya) belum ada yang pernah menginjakkan kaki di lokasi ini.

Segera saja kami menyusuri lorong-lorong hotel ini. Mencari apa pemirsa? Apa lagi kalau bukan... toilet! Bayangkan pemirsa, semua orang yang mendatangi tempat ini dalam kondisi parlente. Hanya kami berenam yang masih bertampang kusut masai menyimpan lelah perjalanan semalaman. Hehe...

Tepat menjelang jam 07.00 kami telah siap. Registrasi on the spot dan merelakan uang 3,5 juta di saku saya berpindah tangan... hiks... Iya, jujur saja bilangan segitu terasa berat untuk kantong saya. Semoga investasi ini memberikan nilai lebih ya Allah... Saya bersyukur ikut Training SEFT di Jakarta, karena bisa bertemu dengan founder-nya langsung, Ahmad Faiz Zainuddin. Subhanallaah... Alhamdulillaah...

Sesi pertama, pak Faiz mengawalinya dengan menanyakan keinginan para peserta mengikuti training ini. Yang bisa disimpulkan bahwa rerata motivasi mereka adalah untuk meng-healing penyakit-penyakit fisik yang sedang mereka derita saat ini, baik untuk diri maupun keluarga tercintanya. Sementara saya sendiri motivasi utamanya adalah untuk kebutuhan Healing Center di pondok saya, SMPIT Assalaam Boarding School Pekalongan. Karena selama hampir dua tahun pondok ini berjalan, banyak aspek kesehatan santri yang butuh penanganan. Yang kadang, tak kenal waktu: tepat tengah malam!

Titik Meridian Tubuh
Sehari penuh para peserta Training SEFT (selanjutnya disebut TS saja ya, biar ringkas) dilatih teknik tapping. Yaitu mengetuk-ngetuk ringan 9 titik meridian tubuh: Crown, EyeBrow, SideEye, UnderEye, UnderNose, Chin, CollarBone, UnderArm dan BelowNiple.

Untuk kasus-kasus berat kadang ditambah 9 titik lagi: InnerHand, OuterHand, Thumb, Finger, MiddleFinger, RingFinger, BabyFinger, KarateChop dan GamutSpot.

Nah, pas nekan-nekan titik GamutSpot ini, ditambah lagi 9 gerakan lucu, yang konon gerakan ini sangat efektif untuk meng-healing emosi negatif yang sangat kuat bercokol di hati kita. Apa saja gerakan itu? Ini nih pemirsa:
- Membelalakkan mata (melotot)
- Memejamkan mata dengan kuat
- Bola mata melirik kiri bawah dengan kuat
- Melirik kanan bawah
- Bola mata memutar searah jarum jam
- Bola mata memutar berlawanan jarum jam
- Bersenandung selama 5 detik
- Berhitung 1-2-3-4-5 dengan agak cepat
- Bersenandung lagi selama 5 detik
Terakhir, kita menutup terapi ini dengan mengambil nafas dalam, kemudian menghembuskan perlahan disertai ucapan rasa syukur: alhamdulillaah...

Saya, pak Umyung dan Andrew

TS hari pertama usai sekitar pukul 20-an. Materi sehari penuh ini full healing. Para peserta TS diberi PR untuk men-tapping minimal dua orang dan menuliskan 50 macam emosi negatifnya selama ini.

Kami berenam meluncur ke rumah Nindy (salah satu leader di grup Sejuta Sefter, sahabat Andrew) yang letaknya hanya kisaran sepuluhan menit perjalanan dari TMII. Saya tidak tahu persisnya. Di sana ternyata menjadi tempat penampungan para peserta TS dalam grupnya Nindy. Subhanallah, sebuah rumah besar dua lantai ditambah masakan ayam kremes, bebek kecap yang luar biasa lezatnya oleh ibunya Nindy. Terima kasih ya Allah atas anugerah ini. Terima kasih pula buat keluarga Nindy, semoga Allah berkenan membalasnya dengan lebih berkah, lebih baik dan lebih banyak lagi. Malam ini saya dan peserta lain (sekitar dua puluhan orang) bisa tidur nyenyak, menghimpun energi untuk TS esok hari...

Bismika Allahumma ahya wa bismika amuut...