12 Januari 2011

Takaful, Sebuah Perusahaan Asuransi Syariah

Siang ini main-main ke kantor perwakilan Takaful di komplek ruko Hotel Syariah Pekalongan. Beberapa hari yang lalu mulai bergabung menjadi agensi, dan tadi dikabari bahwa nomor registernya sudah keluar: 031100014. Bismillaah... sudah resmi kini jadi Takaful Financial Consultant. Semoga Allah SWT membukakan satu lagi pintu rizqiNya via perusahaan asuransi berbasis syariah ini, amiin...
O ya, Bro & Sis, di bawah ini kunukilkan artikelnya pak Zaeni (Takaful Agency Manager), semoga bermanfaat!

MERENCANAKAN BIAYA PENDIDIKAN ANAK

Memberikan pendidikan terbaik kepada anak merupakan dambaan setiap orang tua. Pendidikan terbaik berarti menyekolahkan anak ke lembaga pendidikan yang berkualitas, dan kenyataan sekarang ini pendidikan yang berkualitas identik dengan biaya yang tinggi. Sudah biaya yang tinggi, hampir setiap tahun biaya pendidikan mengalami kenaikan (inflasi) yang juga relatif tinggi. Sebuah pengamatan yang dilakukan oleh beberapa perencana keuangan terhadap inflasi biaya pendidikan selama 5 tahun terakhir di beberapa kota besar, menghadirkan fakta yang cukup mengejutkan yakni berkisar 20% hingga 30% per tahunnya, jauh di atas inflasi rata-rata nasional yang berkisar 5%–7% per tahun.
Bagi orang tua yang hendak merencanakan biaya pendidikan bagi putra-putrinya, beberapa tip berikut dapat dijadikan dasar pertimbangan. Tip ini juga dapat digunakan untuk mengevaluasi program perencanaan biaya pendidikan yang telah Anda jalankan.

1. Paling tidak ada 4 alasan kenapa Anda perlu mempersiapkan Dana Pendidikan bagi anak Anda dengan sebaik-baiknya :
a. Mahalnya biaya pendidikan saat ini
b. Naiknya biaya pendidikan dari tahun ke tahun
c. Adanya ketidakpastian kondisi ekonomi pada masa yang akan datang
d. Adanya ketidakpastian kondisi fisik Anda pada masa yang akan datang.

2. Sebelum Anda mengambil program apapun untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak Anda, terlebih dahulu sebaiknya Anda memperkirakan jumlah biaya pendidikan yang dibutuhkan untuk anak Anda kelak.

3. Mulailah menyisihkan dana untuk persiapan dana pendidikan sesuai kemampuan Anda saat ini. Jikapun kemampuan Anda saat ini belum sesuai dengan yang dibutuhkan, Anda telah mengetahui hal itu. Pemahaman tersebut akan memotivasi Anda untuk memenuhi kekurangan yang masih ada pada masa mendatang.

4. Pilih program investasi ataupun tabungan yang hasilnya dapat melampaui angka inflasi, khususnya inflasi sektor pendidikan.

5. Lindungi investasi maupun tabungan biaya pendidikan yang Anda buat dengan asuransi sesuai dengan nilai perkiraan biaya pendidikan yang telah Anda buat sebelumnya.

6. Laksanakan program perencanaan biaya pendidikan yang telah Anda buat sedini mungkin, karena semakin dini Anda mulai menjalankan progam tersebut, semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk mulai menabung, sehingga semakin ringan dana yang harus Anda sisihkan setiap periodenya.

7. Menunda pelaksanaan program yang telah Anda buat adalah tindakan yang kurang bijaksana, karena Anda tidak pernah tahu dengan pasti apa yang akan terjadi dengan Anda esok hari.

8. Jika Anda memerlukan bantuan untuk membuat program perencanaan biaya pendidikan, jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan konsultan maupun perencana keuangan yang Anda percaya.

Wujudkan keinginan untuk memberikan pendidikan terbaik bagi BUAH HATI Anda dengan merencanakan biaya pendidikan yang tepat sedini mungkin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mampir...