18 Mei 2011

Citra Garden Pekalongan

Wow... Grup Ciputra pertama kali ekspansi di tingkat Kabupaten nih! Berani-beraninya dia mengembangkan perumahan elit di Pekalongan ya? Pasti ada apa-apanya, pikirku. Coba lihat, area 10 hektar itu berada di daerah rob, sebelah utara SMA 2 Pekalongan, berhadapan dengan pabrik Sampurna (Mitra Pelinting Sigaret).
Mungkin hampir 100% orang Pekalongan akan enggan tinggal di daerah itu. Bayangkan saja, walaupun rumahnya bagus, tapi lantainya amis dan becek, siapa mau? Belum lagi jalanan menuju ke sana, langganan rob.
Nah, di sinilah rupanya kekuatan Grup Ciputra. Sepertinya mereka ahli di bidang tanah-tanah bermasalah seperti ini. Tengoklah proyek mereka di Kalimantan. Konon mereka berani membuka lahan di tanah batu bara. Sekarang lahan itu sudah hijau royo-royo. Bayangkan kenekatannya: untuk menanam satu pohon seharga 25.000,- mereka butuh biaya tambahan untuk tanah dan lain-lain tiga kali lipatnya! Namun hasilnya jelas sekali kelihatan, daerah yang tadinya tidak dilirik orang, kini menjadi dambaan setiap insan.
Dan untuk kota Pekalongan, ane yakin tidak hanya itu. Mereka pasti sudah survei ada nilai tertentu di luar proyek ini. (yang saat ini ane belum tahu, keuntungan apakah ini?)