07 Mei 2011

Hukum 10.000 Jam

Bro & Sis pernah dengar judul di atas? Yuk kita simak tulisan Dr. Meliala ini.

Apa persamaan yang dimiliki para pemain kelas dunia, baik pemain musik, pencipta lagu, penulis, bahkan pelaku kriminal? Hukum 10.000 Jam!

Angka ajaib 10.000 jam adalah rata-rata waktu yang dihabiskan untuk berlatih dalam pencapaian kelas dunia. Banyak buku yang mempopulerkan Hukum 10.000 jam, namun istilah itu pertama kali dikemukakan oleh Anders Ericsson, seorang psikolog yang meneliti keberhasilan para pemain biola di Berlin Academy of Music. Dia menemukan bahwa para pemain biola yang penampilannya terbaik berlatih paling banyak dibanding kelompok terbaik kedua, dan seterusnya kelompok kedua berlatih lebih banyak daripada
yang terendah.

Mozart, diperkirakan, pada usianya yang ke-6 telah berlatih musik selama 3.500 jam di bawah bimbingan ayah kandungnya. Demikian pula pecatur prodigy Bobby Fischer berlatih keras selama 9 tahun sebelum meraih level grandmaster di usia 17.

10 ribu jam sama dengan berlatih 3 jam sehari selama 10 tahun. Waktu yang nampaknya cukup lama, oleh karena itu langkah pertama sangat penting: temukan apa yang anak/anda sukai.