17 Oktober 2011

Tips Mengatasi Lupa Jumlah Rokaat

Sebelumnya ane sampaikan, bahwa tips ini hanya efektif untuk: sholat sunnah dengan bilangan rokaat yang banyak dan dilakukan sendirian (artinya tidak berjama'ah). Misalnya sholat tahajud dan sholat dhuha.

Ide ini muncul karena dilatari pengalaman pribadi yang sering lupa, sudah berapa rokaat sholatku ini ya? Biasanya saat sholat dhuha. Maklum, agak tergesa melakukan aktivitas harian. Jadi agak nggak konsen pada rokaat.

Akhirnya ane siasati begini. Untuk sholat 8 rokaat, ane bagi jadi 2 rokaat satu salam, sehingga total ada 4 kali salam. Pada saat takbiratul ikhrom set pertama, ane berdiri di pojok kanan shof terdepan di masjid yang biasa ane sholat. Kemudian setelah salam, untuk set kedua, ane bergeser satu ubin ke kiri. Begitu seterusnya untuk set rokaat ketiga dan keempat. Nah, untuk surat yang dibaca setelah al-Fatihah, biar mudah mengingat, baca saja Adh-Dhuha atau Asy-Syams pada setiap rokaat pertama dan Al-Insyiroh pada rokaat kedua. Sehingga jika lupa bilangan rokaat, Bro & Sis tinggal lihat, pada ubin ke berapakah Antum berdiri sekarang? Mudah kan?

Nah, modifikasi tips ini bisa berupa: arah pergeseran, dari kiri ke kanan, atau dari shof terdepan ke belakang atau sebaliknya. Bisa juga menggunakan 1 blok karpet masjid motif sajadah bergandeng untuk tiap set (2 rokaat). Sehingga jika sudah pindah tiga blok (ke kanan, kiri, depan, belakang) berarti Antum sudah genap 8 rokaat. Untuk bilangan lain, tinggal kalikan saja...

Semoga bermanfaat.