14 Desember 2011

Bebaskan Saja!

nyomot dari google
Bagaimana perasaan Anda ketika pergi ke kantor tanpa mandi pagi terlebih dahulu? Risih, malu, jengah, cuek? Atau jangan-jangan Anda tidak pernah mandi pagi? Haha... ma'af, tidak bermaksud menghina. Justru berbahagialah Anda karena termasuk golongan "right brain person" alias orang yang dominan otak kanannya. Konon, orang "golongan kanan" ini usianya lebih panjang, karena lebih tahan terhadap stressor dalam kehidupannya.

Sebaliknya, jika ritual mandi pagi adalah "wajib" bagi Anda, yang jika terpaksa tidak sempat melakukannya serasa kiamat, maka sepertinya Anda adalah tipe "left brain person", orang-orang golongan kiri. Yang konon -maaf saja- sering dilanda stress dan gagal dalam banyak fragmen kehidupannya. Mudah-mudahan Anda tidak demikian. [Aamiin, gitu dong]

Saya sering, ketika mulai aktivitas pagi, tanpa mandi terlebih dahulu. Bahkan untuk mengantar anak ke sekolah dan sekalian pergi bekerja sekali pun. Walah kemproh! Hehe... Sebenarnya bisa saja, bangun malamnya sekalian mandi. Namun seringnya tidak saya lakukan. Saya hanya gosok gigi dan berwudhu saja untuk mengejar waktu fajar. Agar bisa segera sholat malam dan witir, takut keburu adzan shubuh berkumandang.

Saya fikir, untuk menghadap Allah SWT saja kita nyaman tanpa mandi, apalagi untuk bertemu dengan sesama manusia? Jadi, santai sajalah. Bebaskan jiwa Anda ketika diburu waktu harus segera pergi ke kantor, sementara Anda belum sempat mandi pagi. Seperti ketika tadi pagi Anda sholat shubuh. Jika sempat ganti baju, sarung atau mukenanya maka ya seperti itu saja ketika akan berangkat kerja. Cukup ganti bajunya (terutama pakaian dalam), berwudhu dan langsung berangkat. Bisa?