19 Desember 2011

Jurnalimah: Workshop Jurnalistik yang Menggelitik dan Renyah

JURNALIMAH: Jurnalistik á la Bulletin Al-Ummah
Begitulah, workshop jurnalistik yang diadakan oleh Bulletin Al-Ummah ini dikemas, hari ini, di TKIT Ulul Albab 2 Kota Pekalongan dari jam 8 pagi hingga 3 sore. Dilatari oleh kebutuhan para pemasok naskah demi kelancaran terbitnya Bulletin Al-Ummah, acara ini 'terpaksa' diadakan. Para peserta berasal dari utusan lembaga di bawah Yayasan Al-Ummah: 2 orang dari PAUD Ulul Albab, 3 orang dari RAIT Ulul Albab, 3 orang dari TKIT Ulul Albab 2, 3 orang dari SDIT Ulul Albab dan 3 orang utusan Yayasan.

Kang Asep in action
Bulletin Al-Ummah merupakan media komunikasi Yayasan Al-Ummah dengan para donatur, orang tua murid maupun antar lembaga di bawahnya. Terbit bulanan dan dibagikan secara cuma-cuma kepada semua donatur, orang tua murid dan guru. Saat ini tanggung jawab penerbitannya di bawah Bidang Ziswaf yayasan.

Jurnalimah seri pertama ini menghadirkan Ade Asep Syarifudin, S.Ag (General Manager Radar Pekalongan) sebagai pembicara pertama yang memaparkan "Dasar-Dasar Jurnalistik dan Reportase". Para peserta digugah semangatnya untuk menjadi penulis hebat. Bagaimana caranya? "Seperti belajar renang, langsung saja nyebur ke kolam!" tegas Asep. Para peserta diberikan tips-tips praktis bagaimana memulai aktivitasnya sebagai jurnalis, "Tulislah apa saja yang terlintas di pikiran sekarang juga!". Kang Asep -demikian ia biasa disapa- memungkasi paparannya dengan sebuah resep jitu jurnalis sejati, "Berani menjadi penulis terjelek di dunia!"

...sok jadi pakar fotografi
Sesi kedua mengupas Fotografi dan software Microsoft Office Picture Manager oleh Nurhadi SA (Redaktur Bulletin Al-Ummah). Para peserta mendapatkan pencerahan teknik dasar fotografi meliputi: komposisi, point of interest, angle, lighting dan moda foto pada peralatan kamera digital. Pada sesi ini juga dievaluasi foto-foto kegiatan di masing-masing lembaga yang telah disiapkan. Sesi kedua ditutup dengan materi pengeditan foto menggunakan software picture managernya microsoft, dengan fokus bahasan pada tools cropping dan resizing.

Sesi ketiga yang dilaksanakan usai break, merupakan sesi yang dinanti-nanti para peserta. Pasalnya pada sesi inilah semua teori yang diperoleh pada dua sesi sebelumnya diaplikasikan. Diawali dengan paparan singkat mengenai cara membuat akun email di Gmail dan membuat blog di Blogger. Selanjutnya para peserta praktik membuat akun email dan blog, dan langsung memposting artikel perdananya berupa aktivitas pelatihan Jurnalimah hari ini. Dan inilah sebagian hasil tulisan mereka:

Serius euy..
- bu Ceria [Guru SDIT]
- bu Atin [Guru TKIT 2]
- bu Arina [Guru PAUD]
- bu Iffah [Guru TKIT 2]
- bu Azmi [Guru SDIT]

Lah, pesertanya 'kan 16 orang? Yang lain mannaa? Yah, itulah yang berhasil membuat artikel dan absen di blog ini. Selebihnya belum sempat posting karena kendala teknis, koneksi yang lambat dan putus-putus. Mudah-mudahan kendala ini tidak menyurutkan semangat peserta. Bagaimana dengan Jurnalimah seri kedua? Ditunggu saja!