09 Desember 2011

Spirit Perubahan itu...

Headline Bulletin Al-Ummah edisi Muharram ini adalah Hijrah: Spirit Perubahan ke Arah Perbaikan. Sepertinya ini momentum yang tepat untuk menyinkronkan diri ini dengan headline itu.

Bro & Sis, eh, Pembaca yang budiman...

Spirit perubahan ini ane maksudkan pada gaya bahasa blog ini. Beberapa hari lagi, genap sudah 41 tahun jatah hidup kuhabiskan. Orang bilang, pada usia ini adalah fase kematangan mental spiritual seseorang. Namun sejujurnya, ane merasakan masih jauuuuh dari fase itu. Astaghfirullah....

Orang Jawa bilang, ora ngrumangsani tuwane, tidak merasa ketuaannya. Ane masih banyak bergurau, menghamburkan waktu tanpa memaknainya. Tidak ada kreasi atau hasil karya yang bisa disumbangkan untuk ummat dan bangsa ini. Duhai Robbi, berilah hamba kekuatan untuk berubah...

Saatnya berubaaah...! [tuh, kan, guyon lagi!]. Astaghfirullah...

Bro & Sis, eh, Pembaca yang dirahmati Allah...

Perubahan ini ane mulai dengan:
(lho, kok masih 'ane'? ya, soalnya baru mau ane terapkan nanti pas milad, hehe...)
  • Mengganti sebutan 'ane' dengan 'aku' atau 'saya'
  • Mengganti sapaan 'Bro & Sis' dengan 'Pembaca yang Budiman', 'Sahabatku', atau 'Kawan'
  • Mengganti sebutan 'ente' dengan 'Anda'
  • dan hal-hal formal lainnya.

Ini ane maksudkan agar:
  • terkesan lebih nuwani, dewasa, bijaksana dan formal.
  • manfaatnya, jika diterjemahkan oleh Google, langsung jadi (untuk pembaca asing)
  • ingin menjadikan bahasa Indonesia sebagai 'tuan di negeri sendiri' (prihatin dengan bahasa alay generasi muda sekarang)
  • berikutnya, barangkali ada kontes blog dengan bahasa Indonesia terbaik, bisa jadi pemenangnya.

Namun, Bro & Sis tak usah khawatir berkerut membaca tulisanku kelak. Karena insya Allah yang berubah hanya gaya bahasanya, adapun gaya penuturan tetap renyah dan gurih, insya Allah...

Karenanya, jika dirasa blog ini bermanfaat, kenapa tidak jadi follower saja? [silakan klik di kolom kanan bawah: JOIN THIS SITE]