25 November 2011

Logo ABSP dan Filosofinya


Alhamdulillaah, akhirnya jadi juga rancangan logo Assalaam Boarding School Pekalongan (ABSP) ini. Logo ini hasil peras otak (dan keringat?) ane setelah melalui berbagai proses perenungan yang mendalam (cieee...) dan corat-coret menghabiskan 1 rim kertas (lebay nih). Maka, dengan bangga kupersembahkan untuk kejayaan Islam. Omong-omong, ini filosofinya:

Shape (Bentuk Dasar)
  • Huruf "A", merupakan nama dari lembaga ini, yaitu "ASSALAAM" atau "Assalaam Boarding School Pekalongan" (disingkat ABSP)
  • Secara keseluruhan membentuk "Pena", melambangkan dunia pendidikan, aktivitas KBM, menuntut ilmu
  • "Segitiga" melambangkan 3 pihak utama dalam suksesnya pendidikan anak: Orangtua, Sekolah dan Lingkungan.
  • Huruf "V" (hayo, siapa bisa melihatnya?), artinya "Victory" atau Kemenangan; yang dimaksudkan di sini adalah Kejayaan Islam (izzul Islam wal muslimin)
  • Huruf V ini sekaligus melambangkan "Mushaf Terbuka", artinya semua pihak yang terlibat dalam lembaga pendidikan ini diharapkan senantiasa menjadikan Al-Qur'an sebagai bacaan utamanya.

Color (Warna)
  • Warna dominan kuning dan nuansa cerah dipilih bermakna "FUN" dan CERIA. Hal ini dimaksudkan bahwa proses KBM di lembaga ini diformat dalam nuansa yang fun, sehingga diharapkan para santri akan merasa enjoy belajar di ABSP
  • "Trio Warna" pada bidang segitiga atas (Kuning, Kuning Tua & Oranye) melambangkan "Tiga Landasan Utama" sumber keilmuan: Allah, Rasul, Al-Islam.
  • Bening (warna Mushaf) mencerminkan "Cahaya di atas cahaya" sebagaimana inspirasi Qur'an surat An-Nuur ayat 35. 
  • Warna Emas pada ujung pena (segitiga kecil) mengartikan kejayaan, kegemilangan, prestasi.
  • Coklat Walnut (warna teks) dipilih melambangkan ketegasan, kedisiplinan, keluwesan. Artinya, akhlaq disiplin yang hendak ditegakkan dibiasakan secara luwes, tidak kaku/saklek, sehingga santri, asatidz dan semua pihak yang terlibat merasa ridho menjalaninya.

Font (Jenis Huruf)
  • Constantia untuk tulisan "Assalam Boarding School". Dipilih jenis huruf ini karena ber-style formal namun garis-garisnya tegas sehingga mudah dibaca. Efek tebal-tipisnya lebih menambah kesan elegan font ini, sesuai dengan citra elegan dan profesional yang hendak dibangun pada ponpes ABSP.
  • Segoe UI untuk tulisan "Pekalongan". Alasan dipilihnya jenis huruf ini karena struktur garisnya tegas dan rata. Maknanya, visi-misi ABSP yang dicanangkan jelas tegas untuk disumbangkan secara merata demi kemajuan pembangunan (khususnya bidang pendidikan dan ruhani) Pekalongan, kota di mana ponpes ABSP ini berada.
Oke, itu dulu ah penjabaran filosofi dan contoh aplikasinya untuk berbagai orientasi pencetakan logo. Harapan ane, Bro & Sis bisa memberi masukan konstruktif, baik tentang bentuk logo maupun filosofinya. Ditunggu!


[Update: 29 November 2011]

Setelah di'floor'kan, ternyata logo ABSP di atas telah berhasil membuat 'geger', maka berikut ini ane sodorkan 2 alternatif sesuai masukan yang ada. Silakan dipilih yang pas dengan selera Bro & Sis, kemudian monggo dihujat habis-habisan... Syukron katsiiroo...

O ya, untuk filosofi alternatif #2 dan #3 menyusul yah... [tiwas sudah capek-capek ngarang, nggak kepake 'kan sayang, hehe...]  Untuk jenis huruf yang ini ane pake Century Schoolbook (80% width) dan Callibri. Selamat menikmati.

Alternatif #2:


Desain #2 dibuat atas masukan para "Pecinta Hijau", he.. he...


Alternatif #3:


Menurut ane, WARNA itu kan netral, semua warna adalah milik Allah SWT, bukan milik golongan tertentu. Artinya, semua warna adalah 'milik' umat Islam. Sepakat? Kirim dukungan untuk logo penuh warna ini, caranya: Ketik ABSP#3 kirim ke 08122994564